Posted on
Nonton film 10 WISATA KULINER MANADO YANG LEZAT DAN BIKIN KANGEN terbaru

10 WISATA KULINER MANADO YANG LEZAT DAN BIKIN KANGEN

-Posted on 4th April 2019 |by Lucia H M Nababan|Culinary-

Kekayaan hidangan kuliner khas nusantara merupakan harta karun berharga yang tidak pernah habis untuk dieksplor. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak sekali sajian kuliner khas dengan cita rasa lezat dan istimewa. Salah satunya bisa kamu temukan di Manado. Jika kamu sedang berlibur ke Manado, jangan sungkan untuk berkeliling kota dan menemukan ragam wisata kuliner Manado yang menggugah selera di bawah ini.

1. Tinutuan

Tinutuan ini secara sekilas mirip seperti bubur. Bedanya tinutuan tidak berwarna putih layaknya bubur nasi, melainkan kuning karena terdapat komposisi labu kuning serta jagung. Selain itu, terdapat campuran sayuran hijau dan topping ikan asin yang membuat tampilan tinutuan tampak menggoda selera. Untuk bisa mencicipi tinutuan yang otentik, kamu bisa berkelana di kawasan Wakeke dimana banyak tersebar warung tinutuan khas Manado.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Cakalang Fufu

Sebagai kota yang letaknya berdekatan dengan laut, bukan hal aneh jika Manado memiliki sumber ikan yang melimpah. Salah satu menu kuliner ikan Manado yang khas adalah cakalang fufu. Ikan segar cakalang diasapi lalu diolah menjadi beberapa menu seperti cakalang saus atau cakalang santan. Rasa manis dan gurih menjadi perpaduan lezat yang dijamin bakal bikin kangen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Dabu-dabu

Kuliner Manado tidak pernah jauh dari rasa pedas. Sambal dabu-dabu adalah olahan sambal khas Manado yang super pedas. Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal dabu-dabu tidak diuleg dan disangrai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sensasi segar dan pedasnya bisa bikin ketagihan, lho! Biasanya dabu-dabu dapat kamu jumpai di rumah makan yang menjual aneka sajian ikan bakar. Berani coba sensasi pedas dabu-dabu?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Sambal Roa

Sambal khas Manado lain yang wajib kamu cicipi adalah sambal roa. Sambal roa ini juga tidak kalah pedasnya dengan dabu-dabu. Terbuat dari cabe dan ikan roa yang diasap hingga kering, sambal ini jadi salah satu favorit sajian pendamping kala menikmati tinutuan.  Jangan mengaku suka pedas kalau belum menikmati sambal roa khas Manado ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Woku Blanga

Satu lagi sajian ikan khas Manado yang populer adalah Woku Blanga. Hidangan yang satu ini menggunakan konsep slow cook sehingga bumbu segar woku bisa meresap sampai ke daging ikan. Sesuai namanya woku blanga dimasak dalam sebuah belanga dari tanah liat. Rasanya pedas dan segar. Cocok dinikmati kala cuaca panas. Yummy!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Es Brenebon

Cuaca panas Manado memang paling pas dinikmati dengan segelas es yang menyegarkan. Jangan khawatir, Manado punya kuliner es segar yang dikenal dengan nama es brenebon. Es brenebon ini merupakan es kacang merah yang dipadu dengan susu, sirup, serta es kental manis. Legit dan segar deh!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Klappertaart

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa kuliner yang satu ini merupakan kuliner warisan Belanda yang tetap lestari di Manado. Bentuknya sekilas mirip seperti pie dengan komposisi bahan dasar kelapa, tepung, susu dan mentega. Hanya saja, klappertaart ini lebih nikmat jika disantap saat dingin. Kini, kamu juga bisa menjadikan klappertaart ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Gohu

Gohu hanya bisa kamu temui di manado. Minuman segar ini dibuat dari daging buah pepaya mengkal yang diiris memanjang. Daging buah tersebut kemudian dicampur cuka, air, cabe halus, gula aren serta fermentasi telur ikan dan jahe. Wah, perpaduannya sangat unik bukan? Rasa asam, pedas dan manis akan menciptakan sensasi ledakan di mulut yang bikin ketagihan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9. Pisang Goreng Goroho

Kalau pisang goreng di wilayah nusantara lain digoreng saat matang, maka di Manado pisang goreng terbuat dari pisang yang masih mentah. Renyahnya pisang goreng goroho biasa disajikan dengan sambal pedas dabu-dabu. Kudapan khas Manado ini bisa kamu jumpai di ratusan warung nongkrong di daerah Malalayang. Secangkir kopi dan pisang goreng goroho akan jadi teman bersantai sore yang menyenangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. Nasi Kuning Manado

Nasi kuning Manado memiliki cita rasa yang khas karena disajikan dengan irisan ikan cakalang dan potongan daging sapi yang biking ngiler. Potongan kentang goreng dan telur juga kerap menjadi pelengkap nasi kuning Manado ini. Untuk bisa menikmati nasi kuning khas ini kamu bisa berkeliling di kawasan Wakeke. Di sana, biasanya banyak warung nasi kuning yang berjualan mulai malam hingga subuh. Ayo, jangan sampai kehabisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di antara sepuluh daftar makanan di atas, manakah yang paling ingin kamu coba? Yuk, jangan ragu lagi, segera rencanakan liburan ke Manado dan nikmati lezatnya kuliner khas Manado!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *