Posted on
Nonton film 16 Makanan Khas Jawa Tengah yang Menggugah Lidah terbaru

16 Makanan Khas Jawa Tengah yang Menggugah Lidah

by: Cynthia Dewi | 11 Februari 2019 | Kuliner

Provinsi Jawa Tengah selain mempunyai tempat wisata yang keren, juga memiliki makanan khas daerah yang dijamin enak dan bikin ketagihan. Makanan khas daerah emang begitu menggoda untuk dinikmati.

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke suatu tempat tapi tidak mencicipi makanan khasnya, rugi banget pastinya. Jawa Tengah terdiri dari beberapa daerah dan setiap daerah mempunyai makanan khasnya yang begitu menggoda lidah.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Tengah, wajib coba makanan ini. Nah, berikut ini beberapa makanan khas Jawa Tengah yang siap bikin kita tergoda.

1. Tahu Petis

Tahu petis merupakan salah satu jenis makanan dari olahan tahu yang sering dijadikan cemilan dan juga sering dijadikan sebagai lauk. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tahu petis khas Jawa Tengah ialah tahu dan saus hitam atau dikenal dengan petis.

Tahukah anda, jika petis ini biasanya terbuat dari udang yang dimasak secara terus menerus hingga menjadi kental ataupun dari kuah rebusan ikan.

2. Tempe Mendoan

Pada dasarnya tempe mendoan ini hampir sama dengan tempe goreng lainnya yang dibaluri dengan tepung. Hanya saja yang membut beda antara tempe mendoan dengan tempe biasanya ialah terletak pada namanya yakni mendoan.

Mendoan merupakan sebuah makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak panas yang cukup banyak dan juga cepat sehingga membuat tempenya tidak telalu matang. Meskipun dalam proses pengorengannya tempe ini tidak terlalu matang, namun anda tidak perlu khawatir terkait rasanya.

Karena tempe mendoan ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan enak, sehingga tidak heran jika makanan yang satu ini cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

3. Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan salah satu jenis makanan yang sering disebut dengan nasi uduk karena cara penyajiannya menggunakan daun pisang. Nasi gandul ini juga mempunyai rasa yang sangat gurih dan enak untuk disantap bersama saat sarapan.

Untuk pembuatan nasi gandul ini juga ditambahkan daun pandan sehingga membuat aroma nasi ini menjadi lebih kuat dan sangat menggungah selera. Biasanya nasi gandul ini disajikan dengan tambahan lauk yang berupa daging sapi yang sudah diolah dengan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan rasa yang sangat lezat dan nikmat.

4. Dawet Ireng

Dawet ireng ini tidak sama dengan dawet biasanya yang mempunyai warna hijau. Melainkan dawet ireng ini memiliki warna yang hitam pekat. Warna hitam ini diperoleh dari bahan alami yakni dari abu jerami. Meskipun dalam pembuatan dawet ireng ini menggunakan abu jerami, namun anda tidak perlu khawatir terkait rasanya.

Karena dawet ireng ini sudah terbukti mampu memberikan rasa yang sangat enak dan pada saat disantap dapat memberikan sensasi yang sangat menyegarkan. Dalam pembuatan dawet ireng ini juga menggunakan gula jawa asli sehingga dapat membuat rasanya semakin lezat.

5. Brekecek

Brekecek merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan apabila berkunjung ke Jawa Tengah. Brekecek terbuat dari bahan dasar ikan pathak ataupun ikan jahan. Selain itu, ada juga yang membuat brekecek dari kepala ikan laut yang bernama menthok maupun basur.

Brekecek ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yakni brek yang artinya diletakkan ataupun dijatuhkan dan kecek yang artinya dicampurkan ataupun dicekek dengan menggunakan bumbu. Perlu anda ketahui, jika brekecek khas Jawa Barat ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Karena brekecek yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan jika dicicipi dapat membuat anda ketagihan.

6. Nasi Grombyang

Penamaan nasi grombyang ini diambil dari cara penyajiannya yakni dengan kuah yang lebih banyak dibandingkan dengan isinya, sehingga membuat nasi ini terlihat grombyang-grombyang ataupun bergoyang.

Nasi grombyang ini terbuat dari daging kerbau, nasi sebagai bahan utamanya, daging kerbau serta kuah yang sudah diracik dari olahan bumbu yang sangat bervariasi. Sehingga dapat memberikan rasa yang sangat lezat dan enak saat dicicipi.

Nasi ini biasanya disajikan dengan menggunakan kuali yang memiliki ukuran cukup besar dan juga tempat nasi yang ditutupi dengan menggunakan kain merah.

7. Garang Asem

Garang asem merupakan makanan hasil olahan dari ayam yang dimasak bersamaan dengan santan. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkung dengan menggunakan daun pisang setelahnya baru dimasak dengan santan.

Garang asem ini mempunyai rasa yang cukup pedas dan juga asam sehingga sangat lezat untuk dinikmati. Perlu diketahui, biasanya garang asem ini disajikan dengan nasi dan juga dilengkapi dengan lauk lainnya seperti perkedel, tempe goreng ataupun ayam asam manis.

8. Getuk Goreng

Pasti anda sudah sering mendengar yang namanya getuk, namun getuk yang biasanya anda dengar tersebut tidak diolah dengan cara digoreng. Nah, hal inilah yang membedakan antara getuk biasanya dengan getuk khas Jawa Tengah.

Jika getuk khas Jawa Tengah dalam proses pengolahanya harus melalu tahap pengorengan. Hal ini jugalah yang membuat getuk khas Jawa Tengah disebut sebagai getuk goreng yang mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan getuk goreng ialah singkong dan gula merah ataupun gula jawa. Getuk goreng ini cukup banyak diincar dan diminati oleh wisatawan lokal maupun asing karena getuk goreng ini menawarkan rasa yang sangat lezat, gurih dan kriuk.

9. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan sebuah makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer dikalangan wisatawan asing dan lokal. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan terkadang juga digunakan labu siam.

Sebenarnya memasak nasi liwet ini hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya yakni dengan menggunakan santan. Hanya jasa yang membuatnya beda terletak pada rasanya, karena rasa dari nasi liwet ini dijamin sangat lezat dan juga enak.

10. Mangut Beong

Mangut beong merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ikan beong. Sebagian dari kita pasti masih asing dengan yang namanya ikan beong. Ikan beong adalah salah satu jenis ikan yang sekilas hampir menyerupai ikan lele, namun sebenarnya ikan beong ini bukan ikan lele.

Ikan beong sendiri ialah ikan khas yang ada di sungai Progo yang mempunyai danging yang cukup padat dan juga lembut. Ketika ikan beong ini dimasak maka dapat memberikan rasa yang sangat lezat dengan daging yang cukup lembut dan sangat mudah untuk dikunyah.

11. Mie Ongklok

Ketika anda jalan-jalan ke Jawa Tengah jangan lupa mencicipi mie ongklok. Karena mie ongklong ini cukup terkenal dan populer dikalangan wisawatan lokal dan mancanegara karena kelezatannya. Mie ongklok sendiri merupakan sejenis mie rebus yang diracik dengan berbagai bahan tambahan seperti potongan daun kucai serta kol.

Untuk kuah mie ongklok ini juga menggunakan kanji sehingga membuat kuah mie ini terlihat sangat kental dibandingkan kuah mie pada umumnya. Mie ongklok ini juga sangat lezat apabila dikonsumsi dengan tambahan tempe kemul, sate sapi ataupun keripik tahu.

Tahukan anda kenapa mie ini diberi nama mie ongkok? Jika belum mengetahuinya maka anda patut mencari tahu. Sebenarnya mie ini diberi nama mie ongklok karena dalam pembuatannya memakai ongklok. Ongklok adalah sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok berguna untuk merebus mie di dalam kuahnya.

12. Sego Godhog

Sego godhog atau dalam Bahasa Indonesia nasi rebus merupakan makanan yang sebenarnya menyerupai bakmi rebus jawa, namun isi dominannya adalah nasi. Sego godhog biasanya disajikan dari bahan dasar berupa nasi, suwiran ayam, bihun, telur, sayuran, dan kuah kaldu tentunya. Sego godhog dapat dijumpai di daerah Bantul dan daerah Magelang.

13. Nasi goreng tembakau

Nasi goreng tembakau merupakan masakan yang berasal dari Temanggung dan sepertinya baru di Temanggung saja yang menyajikan olahan makanan ini. Bukan daun tembakau untuk bahan rokok tentunya yang digunakan untuk makanan ini, melainkan biji-biji tembakau.

Nasi goreng tembakau ini cara memasaknya sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya, namun yang membedakan adalah bumbu yang digunakan dicampur dengan tumbukan biji-biji tembakau

14. Sate klathak

Sate klathak sebenarnya merupakan sate dengan bahan dasar daging kambing, namun bukan seperti sate kambing pada umumnya. Sate klathak ini dibuat dari daging kambing muda dan cara memasaknya pun juga berbeda, yaitu hanya dibakar dengan tambahan bumbu berupa garam saja. Penyajiannya pun juga hanya disajikan begitu saja tanpa tambahan bumbu kecap seperti sate biasanya.

15. Tengkleng gajah

Tengkleng gajah bukanlah tengkleng yang dimasak dengan menggunakan daging gajah. Makanan ini berbahan dasar daging kambing, tetapi penyajiannya dalam porsi yang besar sehingga biasa disebut dengan tengkleng gajah. Cara memasaknya pun ada 2 macam, yaitu tengkleng yang dibuat tongseng dan juga tengkleng yang digoreng biasa.

16. Oseng-oseng mercon

Oseng-oseng mercon sebenarnya hampir sama seperti oseng-oseng pada umumnya. Oseng-oseng mercon ini biasa dimasak dengan bahan berupa kulit, lemak, kikil, dan tulang muda. Perbedaannya dengan oseng-oseng lainnya yaitu pengolahannya yang dimasak dengan bumbu yang super pedas sehingga dapat “meledakkan” lidah seperti mercon.

Yap, itu dia beberapa makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba kalau kamu lagi singgah ke sana. Masih banyak lagi makanan khas Jawa Tengah yang wajib di coba guys. Selamat berkuliner ria, ya saat kamu pergi kemana pun, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas dari berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *