Posted on
Nonton film 5 Aturan Menggunakan Makeup Waterproof agar Kulit Tetap Sehat terbaru

5 Aturan Menggunakan Makeup Waterproof agar Kulit Tetap Sehat

oleh: Stella Adinda | 27 April 2019 | Kecantikan |

Saat harus menghadiri acara penting maupun beraktivitas di luar ruangan seperti liburan di pantai atau water park, untuk tetap tampil maksimal kamu tentu membutuhkan produk makeup yang tahan lama dan tidak mudah luntur saat terkena air. Nah, salah satu tips untuk mendapatkan tampilan wajah yang flawless yang tahan lama adalah dengan mengkamulkan makeup dengan klaim waterproof. Apalagi bagi kamu yang merasa malas untuk touch-up makeup, produk kecantikan dengan formula waterproof terbilang sangat bisa dimanfaatkan. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan makeup waterproof, sebaiknya ketahui dulu beberapa aturan berikut, agar tidak menimbulkan reaksi dan efek negatif pada kulit kamu.

Pilih moisturizer yang tepat dan tetap gunakan primer

Meski produk kecantikan, khususnya complexion yang dipakai sudah menawarkan klaim waterproof, tetap perlu mengaplikasikan moisturizer dan primer dengan benar menggunakan produk yang tepat. Penggunaan moisturizer yang sesuai akan membantu foundation menempel dengan baik pada wajah dan menghindari tampilan yang menggumpal. Sebelum menggunakan foundation, kamu perlu mengaplikasikan primer, karena foundation waterproof biasanya memiliki formula yang berat. Penggunaan primer akan membantu wajah tetap terhidrasi dan tidak kering.

Hindari makeup dengan kandungan silikon

Makeup
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Silikon adalah salah satu komposisi dalam produk kecantikan yang menjadikan produk bersifat waterproof. Dalam makeup waterproof, silikon bekerja dengan menciptakan lapisan yang dapat mengunci kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi mulus serta makeup tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat. Meski demikian, ternyata kandungan silikon dalam produk makeup waterproof bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat atau komedo, membuat kulit kusam, lebih sulit dibersihkan, serta membuat skin care tidak bisa terserap dengan baik pada kulit.

Pilih produk dengan kandungan polymer atau water-resistant

Dibandingkan silikon, menurut beberapa penelitian kandungan polymers yang terdapat dalam produk kecantikan waterproof dinilai lebih aman. kamu bisa mencoba mencari makeup waterproof dengan kandungan Acrylates Copolymer dan Isododecane, dua kandungan populer yang memiliki kemampuan tahan air dan tidak akan membahayakan kulit. Selain itu, bila menginginkan makeup yang tahan air dan tidak mudah luntur, bisa menggunakan produk water-resistant sebagai alternatif. Tak hanya menawarkan kegunaan yang sama, makeup dengan klaim water-resistant memiliki formula yang lebih ringan.

Memilih makeup remover dengan formula yang tepat

Makeup waterproof lebih sulit dihapus dan memerlukan usaha lebih untuk bisa dihilangkan secara menyeluruh. Biasanya kamu membutuhkan makeup remover dengan kandungan minyak, yang dikhususkan untuk menghilangkan makeup waterproof. Biasanya makeup remover untuk makeup waterproof memiliki formula khusus sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam menghapus makeup.Berbeda dengan pembersih makeup biasa, makeup remover khusus untuk makeup waterproof biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal. Namun, bila kamu sembarangan memilih makeup remover biasa, makeup waterproof tidak akan terhapus dengan mudah. Makeup remover biasa akan membuat kamu mengusap bahkan menggosok wajah terlalu keras sehingga dapat merusak kulit dan membuatnya dehidrasi.

Tidak perlu menggunakannya setiap hari

Makeup waterproof didesain untuk dipakai saat kamu harus tampil maksimal di acara penting atau saat memerlukan formula yang tahan lama serta tidak luntur saat terkena air maupun keringat. Namun, makeup waterproof tidak disarankan untuk dipakai setiap hari karena tidak memiliki formula dengan komposisi yang aman untuk digunakan setiap hari. Penggunaan produk makeup waterproof setiap hari akan membahayakan kondisi kulit. Misalnya saja penggunaan maskara waterproof yang akan membuat bulu mata mudah rontok dan penggunaan foundation waterproof terlalu sering yang akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan beragam masalah kulit. Karena itu, untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya cukup gunakan makeup non-waterproof, yang cenderung lebih mudah dibersihkan dan aman untuk kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *