Posted on
Nonton film 5 Langkah Memulai Gaya Hidup Minimalis terbaru

5 Langkah Memulai Gaya Hidup Minimalis

aya hidup minimalis rupanya sedang menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Pola hidup ini diterapkan dengan cara mengurangi pembelian dan rasa kepemilikan terhadap suatu barang.

Singkatnya, konsep ini merupakan kebalikan dari perilaku konsumtif yang jamak menghinggapi masyarakat abad ini.

Nah, buat kamu yang ingin mulai menerapkan gaya hidup minimalis, berikut beberapa tips yang wajib dicoba.

1. Beli Barang yang Betul-Betul Dibutuhkan

Tak jarang kita membeli sesuatu yang sebenarnya tak begitu diperlukan hanya karena gengsi dan lapar mata. Mulai sekarang, pikirkan baik-baik sebelum membeli — apakah barang tersebut bermanfaat, mampu meningkatkan kualitas hidup, atau bisa menambah kebahagiaan?

Jika jawabannya tidak, lebih baik urungkan niat.

2. Kurangi Rasa Kepemilikan

Perilaku konsumtif sering kali muncul akibat tingginya obsesi kita terhadap suatu barang. Sebagai contoh, kamu adalah seorang gadget addict yang sangat gandrung terhadap ponsel merek X, jadi setiap kali merek tersebut mengeluarkan seri terbarunya, kamu pasti ingin selalu memilikinya.

Keinginan semacam ini yang terus dituruti tentu akan membuat barang di rumah semakin menumpuk, dan bukan tidak mungkin memperburuk kondisi finansialmu. Mulai sekarang, belajarlah untuk mengendalikan rasa kepemilikan akan suatu barang.

3. Sederhanakan Standar Hidup

Standar hidup yang tinggi secara langsung berpengaruh terhadap pola konsumsi seseorang. Banyak orang yang akhirnya merasa tertekan akibat memasang standar hidup yang terlalu tinggi sampai melebihi batas kemampuannya.

Nah, jika kamu ingin belajar hidup minimalis, sederhanakanlah standar hidupmu. Memiliki standar hidup yang sederhana berbeda artinya dengan tidak memiliki impian. Esensi hidup minimalis adalah: selama kebutuhan dasarmu tercukupi, tren dan gengsi tak perlu diikuti.

4. Tinggal di Rumah Sederhana

Tinggal di rumah yang sederhana bisa menjadi cara untuk kamu yang ingin mencoba hidup minimalis. Selain lebih menghemat waktu yang sedianya dipakai untuk bersih-bersih, kamu juga bisa meminimalisir dana belanja furnitur dan mengalokasikannya untuk keperluan lain yang jauh lebih penting, misalnya investasi kesehatan atau pendidikan.

5. Singkirkan Barang yang Sudah Tak Dipakai

Mulailah dengan membongkar isi lemarimu. Pilah dan pilih mana pakaian yang sudah tidak pernah kamu pakai. Cek juga ruangan lain di rumah — apakah ada perabot bertumpuk yang sudah tidak lagi memiliki nilai guna?

Mengemasi barang yang sudah tidak dipakai akan membuat rumahmu semakin lega, sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Atau masih bingung akan di kemanakan barang-barang bekas tersebut? Sumbangkan saja di sumbang.in! Platform ini siap menampung segala barang bekasmu (pakaian, buku, furnitur, dsb), membantu menjualkannya, dan mendonasikan hasilnya untuk sesama.

Nantinya, kamu juga akan mendapat laporan dari hasil donasi barang, lho. Yuk, segera sumbangkan barang bekasmu di www.sumbang.in!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *