Posted on
Nonton film 6 Makanan yang ‘Terancam Punah’ dan Nggak Bisa Lo Nikmati di Masa Depan terbaru

6 Makanan yang ‘Terancam Punah’ dan Nggak Bisa Lo Nikmati di Masa Depan

Karena perubahan iklim.

Perubahan iklim membuat manusia beradaptasi dengan kondisi kehidupan yang baru. Ketika suhu naik dan cuaca ekstrem terjadi dalam beberapa waktu belakangan, para petani dan peneliti khawatir tentang masa depan makanan yang saat ini sedang populer. Ada pendapat bahwa rata-rata orang di masa depan tidak akan dapat membeli beberapa produk yang saat ini populer karena kelangkaan produksi atau mahalnya harga. So, berikut ini ada 5 produk yang masuk dalam daftar ‘makanan yang terancam punah’.

1. Cokelat

via Depositphotos.com

Meskipun tidak terpengaruh oleh suhu tinggi, pohon kakao membutuhkan curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Sayangnya, menurut laporan, cuaca ekstrem diperkirakan tidak akan disertai dengan hujan lebat. Kondisi ini dapat berdampak negatif pada produksi kakao dan menghasilkan lebih sedikit satu juta ton bubuk, truffle, atau batang cokelat per tahun.

2. Nasi

via Virisenox_ / Reddit

Tanaman padi juga terancam mengalami penurunan produksi sebesar 20-40%. Tapi ada masalah krusial lain yang bisa dihadapi, beras dapat menjadi kurang bergizi karena meningkatnya konsentrasi karbon dioksida di atmosfer. Ini berarti bahwa orang-orang yang mengandalkan beras sebagai makanan utamanya harus mencari cara untuk menghindari masalah yang mengancam kesehatan.

3. Teh

via tribunnews.com

Siapa yang tidak suka bersantai dengan secangkir teh setelah hari yang panjang dan melelahkan? Tampaknya kita harus mencari metode lain untuk bersantai dalam waktu dekat. Para ahli mengkonfirmasi bahwa sektor teh akan sangat terkena dampak perubahan iklim jika tidak ada tindakan pencegahan yang diambil. Misalnya, peningkatan kerentanan terhadap serangga atau kualitas daun yang menurun hanyalah beberapa masalah yang akan dihadapi industri.

4. Buah-buahan kebun

via metroterkini.com

Apel, ceri, dan buah persik adalah simbol musim panas. Tetapi kita mungkin harus menggantinya dengan beberapa sayuran yang mampu bertahan dari ancaman pemanasan global. Sebagai contoh, laporan dari penelitian yang dipimpin oleh University of Melbourne menunjukkan bahwa musim dingin menjadi musim yang kurang baik untuk memproduksi apel. Di sisi lain, panas yang berlebihan dan kerusakan akibat sinar matahari bisa terlalu parah untuk pohon-pohon di kebun selama berbulan-bulan. Akibatnya, kualitas dan jumlah buah akan menurun drastis.

5. Kopi

via health detik.com

Perusahaan kopi global terkemuka seperti Starbucks dan Lavazza mengakui risiko parah yang disebabkan oleh pemanasan global. Sekitar 50% dari area global yang cocok untuk produksi kopi berada dalam bahaya pada tahun 2050. Orang-orang harus menghadapi masalah seperti kenaikan harga, dampak negatif pada rasa dan aroma, serta kekurangan pasokan.

6. Kacang-kacangan

via kompas.com

Kacang membutuhkan perhatian khusus dan sering dianggap ‘sangat cerewet’. Bahkan, kacang membutuhkan tidak kurang dari 5 bulan cuaca hangat yang konsisten dan sekitar 20-40 inci hujan.

Apakah kalian udah siap untuk mengucapkan ‘selamat tinggal’ pada sederet makanan favorit tadi? Semoga aja ada tindakan khusus yang bisa menyelamatkan mereka dari kepunahan yah!

 

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *