Posted on
Nonton film 7 Penyebab Siku dan Lutut Kamu Menghitam, Disepelekan tapi Dikeluhkan! terbaru
7 Penyebab Siku dan Lutut Kamu Menghitam, Disepelekan tapi Dikeluhkan!

7 Penyebab Siku dan Lutut Kamu Menghitam, Disepelekan tapi Dikeluhkan!

Lutut dan siku merupakan daerah yang biasanya memiliki warna kulit lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya. Hal ini jelas dapat mengganggu penampilan terutama ketika kamu sedang menggunakan celana pendek ataupun rok pendek. Untuk itu, berikut ini beberapa penyebab lutut dan siku berwarna lebih gelap yang perlu kamu ketahui agar dapat menghindarinya dari kondisi yang lebih buruk.

1. Paparan matahari

Bagi kamu yang lebih menyukai tampil dengan celana pendek atau rok pendek, sebaiknya gunakan pelindung seperti tabir surya atau lotion lainnya. Sebab, tanpa adanya perlindungan, bagian siku dan lutut berisiko tinggi menjadi semakin hitam karena terkena paparan matahari secara langsung.

2. Faktor genetik

Warna kulit yang lebih gelap pada bagian siku dan lutut ternyata cenderung diturunkan dari faktor keluarga. Hal ini dapat terjadi jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki kondisi serupa. Sehingga kemungkinan besar hal tersebut diwariskan dari mereka berdasarkan faktor genetik.

3. Adanya gesekan

Dalam menjalani berbagai aktivitas, biasanya tanpa disadari siku dan lutut akan mengalami gesekan. Hal tersebut kemungkinan besar merupakan penyebab kulit siku dan lutut menjadi lebih hitam. Misalnya, gesekan yang terjadi saat meletakkan siku di atas meja. Gesekan yang terjadi akan membuat kulit menjadi lebih tebal dan lama kelamaan akan menghitam.

4. Kulit kering

Kulit kering akibat jarang dirawat ternyata dapat menyebabkan sel-sel kulit lebih cepat mati. Akibatnya, bintik-bintik gelap akan lebih cepat terbentuk di kulit. Kondisi ini dapat terjadi di seluruh bagian kulit, termasuk siku dan lutut.

5. Jarang menggunakan pelembap

Bagian kulit kering dan hitam yang terjadi di siku dan lutut bisa terjadi karena adanya tidak adanya kelenjar minyak. Oleh karena itu, kebiasaan tidak menggunakan pelembap dalam menjalankan aktivitas terutama di luar ruangan menjadi salah satu faktor utama siku dan lutut dan menjadi hitam.

6. Berlutut saat olahraga

Berlutut saat melakukan olahraga ternyata bisa menimbulkan gesekan di area lutut sehingga menyebabkan lutut menjadi lebih hitam. Gesekan yang terjadi tersebut membuat kulit lutut menjadi lebih hitam dan kasar. Akibatnya, kamu akan kurang percaya diri ketika ingin menggunakan rok atau celana pendek.

7. Tidak menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh termasuk siku dan lutut merupakan hal yang sangat penting. Terlebih, lutut membutuhkan perawatan yang baik dengan menggunakan produk perawatan tertentu seperti pelembap, lotion anti sinar uv, dan sebagainya. Lutut dan siku yang tidak dirawat dengan baik dapat memunculkan bintik-bintik gelap dan menjadi lebih kering.

Untuk mendapatkan penampilan yang baik, kamu juga perlu merawat tubuh dengan baik. Oleh karena itu, selalu rawat kulit dan anggota tubuh mu dengan benar dan baik agar kamu bisa tampil lebih percaya diri.

 

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *