Posted on
Nonton film Ada 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now terbaru

Ada 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now

-Posted on 28th March 2019 |by Citra Lestari Brahmana|Lifestyle&Knowledge-

Sudahkah kamu memikirkan kalau sudah lulus mau jadi apa? Khususnya para generasi milenial yang baru mau memasuki jenjang kuliah. Dimana kamu masih bingung ingin mengambil jurusan kuliah yang seperti apa. Atau mau ikut sesuai minat kalian bahkan bisa jadi ingin membandingkan jurusan kuliah apa saja yang nantinya kelak dicari banyak perusahaan di zaman yang semakin modern Ini.

Di zaman yang sudah semakin canggih, perkembangan tak hanya ditunjukkan dari segi teknologi saja, tapi juga dari dunia kerja. Jika pada era di bawah tahun 90-an, lulusan sarjana masih bisa dihitung dengan jari, kini jumlahnya semakin tahun semakin bertambah dua kali lipat, bahkan bisa mencapai ribuan jumlah setiap tahunnya.

Hal ini dikarenakan tuntutan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan atau instansi kerja yang mengharuskan calon pegawainya memiliki status pendidikan lulus sarjana sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sudah semakin meningkat. Tapi dampak dari hal tersebut adalah semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja.

Jadi meskipun kamu punya ijazah sarjana, lantas tak serta merta membuat kamu bisa langsung diterima kerja. Ada banyak lulusan sarjana yang ternyata malah susah mencari kerja atau bekerja tidak pada bidangnya sehingga ilmu yang telah dipelajari tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan dalam dunia kerja.

Memilih jurusan kuliah memang susah-susah gampang karena nantinya akan menentukan karir di masa depan. Agar tidak salah langkah, ini rekomendasi daftar jurusan kuliah beserta cara memilihnya yang tepat.

1. Teknik Informatika

Image result for teknik informatika

Pilihan jurusan kuliah yang pertama ada teknik informatika yang nantinya akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan karena teknologi akan semakin maju di masa depan. Jurusan teknik informatika ini akan mengajarkan kamu tentang pemrograman software, jaringan, website serta aplikasi. Revolusi Industri 4.0 membutuhkan pekerjaan bidang informasi, komunikasi, dan teknologi. Disiplin ilmu ini membekalimu ilmu pemograman software, jaringan, website, serta aplikasi yang dibutuhkan.

Ketika kamu memilih jurusan kuliah teknik informatika, pastikan dulu kalau dirimu sangat suka hitung-hitungan karena sebagian besar mata kuliahnya mewajibkan kamu untuk berkutat dengan angka-angka. Maraknya dunia digital akan membuka peluang kerja yang sangat luas bagi para lulusan teknik informatika untuk programer dengan kisaran gaji yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

2. Desain Komunikasi Visual dan Media

Image result for desain komunikasi visual dan media

Permintaan tenaga profesional bidang kreatif dan diramalkan naik 15% dalam 10 tahun ke depan. Karenanya jurusan desain komunikasi, jurnalistik, atau film tetap menjanjikan peluang kerja yang besar.

Desain komunikasi visual atau yang lebih dikenal dengan nama DKV merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan dan sangat cocok untuk kamu yang memiliki bakat seni karena di dalamnya, kamu akan diajarkan tentang seni desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, dan hal-hal yang berkaitan dengan seni rupa.

DKV menggabungkan ilmu seni manual dengan digital sehingga nantinya lulusan dari desain komunikasi visual ini bisa bekerja di bidang periklanan, percetakan, penerbitan, ilustrator, dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Digital

Disiplin bisnis ilmu digital akan membuka cakrawalamu soal bisnis baru berbasis teknologi, mulai dari perusahaan internet, e-commerce, hingga marketing yang jumlah perusahaannya terus bertambah.

Majunya teknologi digital tak hanya bisa dimanfaatkan oleh para lulusan teknik informatika saja, tapi juga lulusan bisnis digital. Jurusan kuliah bisnis digital akan memfokuskan kamu untuk mempelajari bisnis dengan teknologi digital, mulai dari pemasaran internet, e-commerce, hingga marketing digital.

Peluang kerjanya sudah tentu akan terbuka lebar karena sekarang hampir seluruh perusahaan di Indonesia, bahkan dunia pasti mengembangkan bisnis mereka secara digital atau online.

4. Kewirausahaan

Image result for kewirausahaan

Jurusan kewirausahaan sangat cocok bagi kamu yang berbakat dagang. Banyak pengusaha muda Indonesia yang merintis bisnisnya dari startup. Kombinasi antara keuletan berdagang dengan dukungan teknologi mampu memberikan kekayaan bagi pelakunya.

Terakhir ada jurusan kuliah kewirausahaan atau yang lebih dikenal dengan nama entrepreneurship. Jurusan kuliah ini tak bisa kamu anggap sebelah mata karena saat ini ada banyak anak-anak muda yang sudah sukses membangun bisnis startupnya. Pesatnya perkembangan startup ini memang diiringi dengan semakin majunya dunia teknologi. Jika dihitung, jumlah startup lokal yang ada di Indonesia bisa mencapai lebih dari 1.000 dan kebanyakan pendirinya adalah lulusan dari universitas dalam negeri.

Keuntungan dari jurusan kewirausahaan ini adalah kamu bisa langsung uji coba membuat usaha sendiri ketika masih duduk di bangku kuliah karena jurusan ini lebih banyak prakteknya dibanding teori. Jadi kamu akan lebih diuntungkan dengan terjun langsung ke dunia kerja.

5. Tata Boga

Image result for tata boga

Bisnis makanan dan minuman tidak akan pernah ada matinya karena akan terus bermunculan inovasi kuliner yang diminati masyarakat. Banyaknya invasi-inovasi kuliner yang beragam membuat industri ini akan tetap terus berjaya setiap tahunnya. Hal ini pastinya membuat lulusan tata boga memiliki masa depan karir yang cerah. Dengan mengambil jurusan kuliah tata boga, maka kamu akan belajar banyak mengenai kuliner, mulai dari cara membuat dan meraciknya, estetika penyajiannya, hingga pengelolaan managemen kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *