Posted on
Nonton film Belajar 6 Fungsi Excel yang Perlu dikuasai terbaru

Belajar 6 Fungsi Excel yang Perlu dikuasai

-Posted on 19th March 2019 |by Citra Lestari Brahmana| Education-

Microsoft Excel tentunya bukan hal asing bagi para karyawan dan pelajar. Perangkat pengolah angka keluaran Microsoft ini memiliki sejumlah fungsi yang dapat membuat pekerjaan jadi lebih ringan.

Namun, tampaknya masih banyak yang belum menguasai atau bahkan memahami fungs-fungsi dasar Excel yang banyak digunakan di dunia kerja maupun pendidikan. Ada setidaknya lima fungsi Excel sederhana yang harus Kamu kuasai agar pekerjaan menjadi lebih efisien.

IF

Image result for if dalam excel

Fungsi IF membantu Kamu membuat perbandingan logis dengan kondisi tertentu. IF biasa digunakan pada pemeriksaan tes atau hitungan untuk menentukan hasil dengan syarat-syarat tertentu.

Fungsi ini juga sering digunakan sebagai langkah validasi untuk mencegah terjadinya galat. Kegunaan fungsi IF yang paling umum adalah untuk menguji apakah denominator bernilai nol sebelum dilakukan operasi pembagian pada spreadsheet. Dengan mengecek nilai nol terlebih dahulu, kamu dapat menghindari pesan galat #DIV/0!.

Bentuk umum fungsi IF adalah: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

SUM

Related image

Penjumlahan merupakan salah satu operasi matematika dasar yang dapat dilakukan Excel. Dengan fungsi SUM, kamu dapat menjumlahkan deretan angka dalam beberapa detik saja. SUM dapat menampung 225 argumen sekaligus. Masing-masing argumen dapat berbentuk angka tunggal atau satu range khusus yang memiliki angka lebih dari satu.

Rumus dasar SUM:

=SUM(number 1, number 2, …)

Kamu pun dapat menggunakan SUM dengan range seperti pada contoh berikut:

=SUM(A1:A12)

Penjumlahan di lebih dari dua range pun diizinkan dengan contoh rumus di bawah ini:

=SUM(A1:A12, B1:B12)

COUNT

Image result for count dalam excel

Fungsi ini menghitung jumlah sel atau range data yang memiliki angka. Fungsi ini tidak sama dengan SUM. Jadi, jika Anda ingin menghitung data sel berjumlah 10, hasil perhitungan fungsi COUNT pun sama dengan 10, berapapun jumlah angka atau nomor yang tercantum pada sel.

Perlu diingat, COUNT hanya dapat mengoperasikan sel atau range yang memiliki angka. Jika argumen COUNT diikuti formula A1:A10, tapi hanya dua sel yang memiliki angka, maka hasilnya sama dengan dua.

Rumus dasar SUM:

=COUNT(cell reference 1, cell reference 2, …)

Tulis rumus berikut jika ingin memasukkan fungsi COUNT pada range data:

=COUNT(A1:A12)

Dan rumus berikut jika ingin menggunakan COUNT di lebih dari satu range:

=COUNT(A1:A12, B1:B12)

AVERAGE

Image result for average dalam excel

Fungsi AVERAGE banyak digunakan untuk mengolah nilai rata-rata pada suatu data statistik. Karena itu Anda perlu memahami pengoperasian salah satu fungsi Excel paling populer ini. Adapun rumus dasar AVERAGE adalah:

=AVERAGE(number 1, number 2, …)

Rumus AVERAGE jika digunakan pada range:

=AVERAGE(A1:A12)

HLOOKUP dan VLOOKUP

Image result for hlookup dan vlookup di excel

Image result for hlookup dan vlookup di excel

Dua fungsi ini membantu kamu menemukan nilai pada tabel Excel dengan jumlah data ribuan hingga ratusan ribu. HLOOKUP digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk horizontal, sedangkan VLOOKUP berfungsi mencari nilai data berbentuk vertikal. Rumus dari dua fungsi ini adalah:

=HLOOKUP(lookup value, table area, row, match type)

=VLOOKUP(lookup value, table area, column, match type)

MIN dan MAX

Image result for MIN dan MAX di excel

MIN dan MAX berfungsi mencari nilai terendah dan tertinggi dalam suatu data. Dua fungsi ini dapat menampung 255 argumen yang salah satunya dapat berupa range.

Karenanya, kamu dapat mengolah nilai dalam jumlah besar hanya dengan memasukkan daftarnya sebagai range. Contoh rumusnya adalah:

=MIN(number1, number2, …)

=MAX(number1, number2, …)

Nah, agar semakin mahir jangan lupa terus berlatih mengolah data dengan lima fungsi di atas, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *