Posted on
Nonton film Bikin Sendiri, Yuk: Frozen Yogurt terbaru

Bikin Sendiri, Yuk: Frozen Yogurt

oleh: Stella Adinda | 14 Maret 2019 | Kulinari |

Kenapa harus membuat frozen yogurt sendiri? Bukankah jauh lebih praktis membeli? Memang benar, tapi tahukah Anda bahwa 1 porsi froyo komersial memiliki kandungan gula sekitar 40 gram? Dan itu belum termasuk topping! Meski merek froyo ternama yang banyak ditemui di mal mengklaim bahwa produk mereka rendah gula, nyatanya rasa produk mereka tetap (sangat) manis. Hal itu berarti, dari yogurt asli yang kita kenal memiliki rasa yang asam, diberi tambahan gula yang cukup signifikan sehingga menghasilkan produk akhir yang manis. Membuat yogurt sendiri berarti memungkinkan Anda mengatur sendiri kadar gula sehingga lebih aman bagi tubuh. Anda pun lebih bebas bereksperimen dengan rasa. Yang pasti, jauh lebih murah dan resep ini sangat mudah, tanpa perlu alat khusus.

Pemanis yang digunakan di sini adalah madu (atau kalau Anda vegan, gunakan agave nectar), sebab gula dalam bentuk cair (dalam hal ini madu) mencegah terbentuknya kristal es yang membuat froyo jadi terlalu keras.

Plain Frozen Yogurt

Bahan-bahan:
2 cangkir plain yogurt
2 sdm madu, atau sesuai selera


Chocolate Frozen Yogurt

Bahan-bahan:
2 cangkir plain yogurt
2 sdm madu, atau sesuai selera
¼ cangkir cokelat bubuk

Strawberry Frozen Yogurt

Bahan-bahan:
2 cangkir strawberry, bekukan terlebih dahulu
2 sdm madu, atau sesuai selera
¼ cangkir plain yogurt

Cara membuat:
Saring yogurt menggunakan saringan biasa yang dilapis kain tahu, atau kalau tidak ada, serbet bersih. Letakkan mangkuk besar di bawah saringan, diamkan yogurt di atas saringan yang selama sekitar 4 jam atau semalaman di kulkas. Tahap dilakukan untuk mengurangi kadar air. Jika kandungan airnya tinggi, makin banyak kristal es yang terbentuk sehingga hasil akhir menjadi icy. Tahap ini bisa saja dilewatkan, namun froyo akan cenderung lebih keras saat sudah sangat beku nantinya.
Campur semua bahan menggunakan blender, mixer, atau food processor hingga rata. Bekukan selama sekitar 6 jam. Jika froyo dibekukan semalaman, diamkan sebentar di suhu ruangan selama sekitar 5 menit sebelum dikonsumsi.
Sajikan dengan topping favorit Anda, misalnya granola atau kacang-kacangan.

Happy froyo-ing!