Posted on
Nonton film Buat Para Coffee Addict, Ini Tips dan Trik Untuk Menikmati Kopi yang Wajib Kamu Tahu terbaru

Buat Para Coffee Addict, Ini Tips dan Trik Untuk Menikmati Kopi yang Wajib Kamu Tahu

oleh: Cynthia Dewi Basuki| 1 Mei 2019 | Lifestyle

Sekarang ini, sudah menjadi kebiasaan sebagian besar dari kita untuk mendapatkan asupan kafein setiap pagi guna mendongkrak energi dan semangat sepanjang hari. Maka itu, tak heran kedai dan kafe kopi menjadi semakin laris manis. Siapa yang sih yang tidak mampir ke sana setiap pagi untuk membeli secangkir energi?

Nah, jika kamu salah satunya dan merasa sebagai pecinta kopi sejati, kamu harus tahu beberapa tips penting berikut ini sehubungan dengan kopi. Tidak perlu banyak membuang uang di coffee shop mahal untuk mendapatkan kenikmatan yang bisa kamu ciptakan sendiri. Kamu malah juga bisa mendapatkan manfaat lebih dari secangkir kopi. Yuk intip tips berikut.

*1. Mentega *

Sudah bukan rahasia lagi bahwa susu dan krim bukanlah campuran yang sehat untuk menikmati secangkir kopi. Jika kamu terbiasa menggunakan krim susu untuk dicampur ke kopi, saatnya beralih ke hal lain yang lebih sehat. Ya! Mentega. Alih-alih susu dan krim, tambahkan mentega tawar (unsalted butter) secukupnya ke dalam secangkir kopimu setiap pagi. Selain lebih sehat, kamu juga bisa menurunkan berat badan dan mendapatkan energi ekstra dengan cara ini. Psst, jangan khawatir. Rasanya sama kok seperti kopi plus krim susu.

2. Bubuk Kayu Manis

Hal lain lagi yang membuat kebiasaan minum kopi menjadi tidak sehat adalah gula. Menambahkan gula ke dalam secangkir kopi memang nikmat, tetapi sama sekali tidak baik untuk kesehatan, terutama jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

Sebagian orang memang menggunakan gula rendah kalori, tetapi rasanya berbeda. Maka tak heran jika kemudian mereka kembali beralih menggunakan gula biasa.

Nah, jika kamu mengalami masalah yang sama, setiap kali kamu ingin menambahkan gula ke dalam cangkir kopimu, gunakanlah bubuk kayu manis. Kayu manis akan menambahkan rasa manis ke dalam kopi sama seperti efek gula, tetapi tanpa kalori.

3. DIY Latte

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli secangkir kopi latte di coffee shop, lebih baik kamu buat latte sendiri di rumah.

Yang harus kamu lakukan adalah menuangkan susu dan gula secukupnya ke dalam mug dan letakkan di dalam microwave selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan dan tuangkan busa susu di atasnya.

Cara membuat busa susu juga mudah. Tuangkan sekitar 80ml susu kedelai ke dalam mangkuk, tutup rapat, kemudian panaskan di atas kompor. Setelah suhunya mulai menghangat, gunakan pengocok untuk mengocok susu kedelai tadi sampai berbusa. Jadi deh!

Jika sudah jadi semua, tuangkan susu dan busanya tadi ke atas kopimu. Silakan nikmati latte!

4. Es Batu Kopi

Jangan buang sisa kopi di cangkir yang kamu minum sebelumnya. Tuangkan sisa kopi tersebut ke dalam pencetak es batu, kemudian letakkan di dalam freezer. Kamu bisa menggunakan es batu kopi tersebut saat minum kopi berikutnya. Jadi, kopi dinginmu tidak akan tawar seiring dengan melelehnya es batu biasa.

Atau, kamu juga bisa minum susu dingin dengan es batu kopi untuk mendapatkan sensasi es kopi latte.

5. Garam

Jika kamu pecinta kopi hitam tetapi merasa kopimu terlalu pahit, kamu bisa tambahkan sejumput garam ke dalamnya. Rasa asin akan melawan rasa pahit, sehingga hasilnya adalah kopi dengan rasa yang lembut dan lebih mudah dinimati.

6. Pilih Waktu yang Tepat

Tubuhmu secara natural menghasilkan hormon kortisol yang berguna untuk mendongkrak energi di waktu-waktu tertentu; jam 7 pagi, tengah hari, dan jam 6 sore. Tak heran di waktu-waktu tersebut kamu merasa sangat terjaga dan enerjik.

Maka dari itu, jika kamu ingin minum kopi, pilihlah waktu di saat hormon kortisol di dalam tubuh sedang menurun. Waktu yang dianjurkan adalah antara pukul 9.30-11.30 pagi dan 1.30-5.00 sore. Dengan begitu, kadar kafein di dalam kopi akan membantumu terjaga.

7. Minum Porsi Kecil Lebih Sering

Kebanyakan orang memulai hari mereka dengan secangkir besar kopi yang mereka maksudkan untuk membantu mereka tetap berenergi sepanjang hari. Namun, ternyata lebih efektif untuk minum kopi dengan porsi kecil dan lebih sering ketimbang hanya minum sekali sehari dengan porsi super besar.

Kapanpun kamu merasa lelah, minumlah secangkir kecil kopi. Ini bisa dilakukan sepanjang hari.

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *