Posted on
Nonton film Cara Cek Jadwal MRT Jakarta Lewat Smartphone terbaru

Cara Cek Jadwal MRT Jakarta Lewat Smartphone

Liputan6.com, Jakarta – Mass Rapid Train atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta kini jadi transportasi baru terfavorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Kereta bernama Ratangga ini mulai beroperasi normal dan berbayar per 1 April 2019. Tarif yang diberlakukan masih mendapatkan potongan harga 50 persen sepanjang bulan ini.

Tak heran jika masih banyak masyarakat yang ingin menjajal moda kereta yang digadang-gadang sanggup mengurai kemacetan di Ibu Kota ini.

Para pekerja kantoran dan siswa sekolah pun mulai banyak yang menggunakan angkutan berbasis rel ini untuk membawa mereka menuju tempat tujuan seperti kantor atau tempat lainnya.

MRT Jakarta sendiri dijadwalkan beroperasi mulai pukul 05.30 hingga kereta terakhir pukul 22.01.

Nah, bagi kamu yang ingin mengecek jadwal keberangkatan kereta MRT Jakarta lewat smartphone begini nih caranya.

Lewat Google Maps

Sehari lalu, Google memberikan update pada aplikasi peta Google Maps-nya.

Aplikasi peta ini kini dilengkapi dengan jadwal dan rute MRT Jakarta. Cara mengeceknya pun cukup mudah.

  1. Buka aplikasi Google Maps di iPhone, Android, dan desktop.
  2. Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah layar.
  3. Lalu, pilih ikon ‘Transit’ (gambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain.
  4. Pengguna juga dapat menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar. 

Lewat Aplikasi Moovit

Selain menggunakan Google Maps, kamu bisa memantau jadwal MRT Jakarta dengan aplikasi transit bernama Moovit.

Aplikasi ini biasanya dipakai untuk memantau jadwal Transjakarta, namun kini aplikasi Moovit bisa digunakan untuk memantau MRT Jakarta. Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Moovit, kemudian ada pilihan “Where do you want to go?” atau “Mau pergi kemana?” Di kolom tersebut kamu bisa mengisi tujuan kamu, misalnya Stasiun Lebak Bulus Grab.
  2. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman berikutnya yang menyajikan peta lengkap dengan stasiun tujuan, dalam hal ini Lebak Bulus Grab.

Nah, di bawah nama stasiun tujuan, Moovit memberikan jadwal perjalanan kereta dari stasiun awal, misalnya stasiun Bundaran HI.

Lewat Aplikasi Trafi

Ketiga, kamu bisa memantau jadwal dan rute MRT Jakarta lewat aplikasi transit Trafi. Aplikasi ini biasanya dipakai oleh penggunanya untuk memantau rute dan jadwal tiba bus Transjakarta.

Namun demikian, setelah ada MRT Jakarta, Trafi menambah opsi transit mereka bagi mereka yang menggunakan moda transportasi berbasis rel ini.

Berikut adalah cara memantau jadwal MRT Jakarta melalui Trafi:

  1. Buka aplikasi Trafi, kemudian kamu akan menemukan sejumlah moda transportasi misalnya Transjakarta, Train, Buses (bus), Medium Buses, hingga Angkot. Nah, MRT Jakarta berada dalam menu Train lantaran MRT Jakarta adalah transportasi massal berbasis rel.
  2. Setelah masuk ke moda transportasi Train, kamu bisa memilih MRT Bundaran HI-Lebak Bulus, di situ kamu bisa memilih tujuan kamu, misalnya kamu dari Stasiun Bundaran HI dan ingin menuju ke Lebak Bulus.
  3. Kamu bisa lihat jadwal keberangkatan juga di Trafi.

 

Artikel Asli

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *