Posted on
Nonton film Foto di Instagram Terhapus Tiba-tiba? Ternyata Instagram Bisa Deteksi dan Menghapus Konten Bullying terbaru

Foto di Instagram Terhapus Tiba-tiba? Ternyata Instagram Bisa Deteksi dan Menghapus Konten Bullying

oleh: Cynthia Dewi Basuki| 21 April 2019 | Techno

Foto-foto yang dipublikasi di Instagram tiba-tiba menghilang. Hal ini hanya dialami sebagian pengguna yang memakai aplikasi pihak ketiga untuk mempublikasin foto di Instagram (Instagram client). Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna aplikasi Instance, yang merupakan aplikasi Instagram client paling populer di Windows Phone.

Beberapa saat setelah diunggah, foto menghilang dari timeline sehingga tak bisa dilihat oleh pengguna lain. Namun, foto dari Instance masih tersimpan di galeri foto pemilik akun Instagram. Hal ini disebabkan karena Instagram mengubah Application Programming Interface (API) yang dipakai aplikasi pihak ketiga seperti Instance, Hipstamatic, maupun 6stagram.

“Kami baru saja membuat update ke sistem yang kita gunakan untuk melawan spam, dan untuk membantu mencegah serangan di masa depan serta meningkatkan keamanan,” kata juru bicara Instagram seperti dikutip dari The Verge.

Pihak Instagram menjelaskan, hilangnya foto ini tidak secara spesifik menargetkan suatu aplikasi tertentu atau sistem operasi tertentu. Pengembang aplikasi Instance, Daniel Gary mengatakan, Instagram punya hak untuk mengunci API kepada aplikasi pihak ketiga.

Namun, ia berharap Instance bisa mendapatkan akses lagi ke Instagram. Setelah tim teknis Instagram melakukan perbaikan, beberapa pengguna Instance melaporkan sudah berhasil mengunggah foto ke Instagram.

Aplikasi resmi Instagram hingga kini belum hadir di Windows Phone 8. Momentum ini dimanfaatkan pengembang untuk membuat aplikasi Instagram client dan menjualnya di Windows Phone Store.

Banyak fitur menarik telah dibuat oleh Instagram untuk memuaskan para penggunanya.

Mulanya instagram hanya tempat untuk mengunggah foto dan video namun seiring berjalannya waktu bisa berbagi kondisi secara langsung dari seseorang melalui live video di instagram.

Tidak hanya itu, para pengguna juga bisa menambahkan gif ketika mengunggah story di Instagram sehingga tampilan story makin menarik.

Bulan ini Instagram akan kembali mengeluarkan fitur baru yang bertujuan untuk mencegah adanya bullying.

Dilansir dari Nbcnews.com, Selasa kemarin Instagram telah memulai menggunakan teknologi terbaru yang mampu untuk mendeteksi adanya gambar yang bersifat bullying.

Memang selama ini banyak foto yang beredar di Instagram memiliki konten yang positif namun ada juga konten yang bersifat mencela orang lain.

“Meskipun sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram positif dan membawa kegembiraan, terkadang foto dibagikan yang tidak ramah atau tidak diinginkan,” Adam Mosseri, kepala Instagram yang baru melalui sebuah press release.

Mosseri menambahkan bahwa Instagram akan menggunakan teknologi yang aktif untuk mendeteksi adanya gambar beserta caption-nya yang kemudian diteruskan kepada tim Operasi Komunitas untuk ditinjau.

Mosseri juga menjelasakan bahwa akan ada fitur yang bernama Kindness Camera Effect untuk bisa menyaring komen yang ada ketika live video.

Fitur ini bisa diunakan untuk menyaring komen yang bersifat bullying ketika seseorang melakukan live video.

Kepala Komuniaksi Instagram, Fiona Brown juga membenarkan akan hal tersebut.

Tidak hanya ketika live video, Instagram juga akan mendeteksi berbagai gambar pada unggahan yang menjurus kepada bullying.

Katanya fitur anti-bullying ini akan menggunakan kecerdasan buatan untuk menghubungkan gambar yang diunggah dan menandainya sebagai pelecehan.

Brown mencontohkan gambar yang dideteksi sebagai konten bullying yaitu ketika ada foto yang bersifat membandingkan atau memberi peringkat pada seseorang.

“Contoh taktik bullying yang dideteksi oleh teknologi foto adalah membandingkan, memberi peringkat, dan memberi peringkat pada gambar dan keterangan, seperti gambar layar terpisah di mana seseorang dibandingkan dengan orang lain dengan cara yang negatif,” jelas Brown.

Jadi ketika Instagram mendeteksi adanya gambar yang menjurus kepada perundungan atau bullying maka gambar tersebut akan diteruskan kepada pihak Tim Komuniaksi Instagram untuk ditinjau ulang kemudian menghapusnya.

Sebelumnya Instagram juga telah membuat sebuah fitur untuk membatasi kolom komentar untuk menghindari komentar yang bersifat mem-bully orang lain.

Penyaringan komentar ini bisa diatur dengan memilih menu “Setting” kemudian pilih opsi “Comment” hingga muncul “Comment control” barulah melalui menu tersebut pilih “hide offensive comments” (sembunyikan komentar menyinggung).

Melalui menu tersebut, Anda bisa menyembunyikan komentar di foto yang diunggah.

Kini Anda juga tidak perlu khawatir jika akan ada komentar pedas ketika melakukan live video di Instagram karena sudah ada fitur Kindess Camera Effect untuk menyaring komentar ya.

Selain itu juga jika ada gambar yang menjurus pada bullying pada Instagram maka akan terhapus otomatis. (*)

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *