Posted on
Nonton film Kenali 13 Jenis Senyuman dan Maknanya terbaru

Kenali 13 Jenis Senyuman dan Maknanya

oleh: Cynthia Dewi Basuki| 29 April 2019 | Psikologi

Dalam interaksi sehari-hari, kita tersenyum belasan kali, bahkan mungkin ratusan kali dalam sehari. Tidak melulu menunjukakn rasa bahagia dan perasaan positif, senyum merupakan ekspresi wajah yang kompleks dan menunjukkan beragam pesan.

Ketahui apa saja jenis senyuman yang sering dipakai orang dan makna di baliknya.

1. Senyum bahagia

Orang yang bahagia cenderung lebih sering tersenyum. Lantas, seperti apakah senyuman bahagia itu? Pakar komunikasi nonverbal, Paul Ekman, menggambarkannya sebagai naiknya bagian sudut mulut dan juga mata yang bahagia yang menyebabkan sampai ada kerutan di bagian pinggir mata.

2. Senyum palsu

Walau mulut membentuk senyuman, namun tidak ada kontak mata di sana. Kurang lebih seperti ketika kita berfoto bersama dan diarahkan untuk “senyum ke kamera”, biasanya kita akan memberi senyum palsu.

3. Senyum tidak nyaman

Ketika seseorang merasa tidak nyaman, misalnya saat orang lain mengatakan sesuatu yang tidak pantas, biasanya orang itu berusaha tersenyum tapi untuk menutupi emosi yang sebenarnya yakni rasa tidak nyaman.

Dalam sebuah penelitian percobaan, beberapa perempuan dalam sebuah wawancara kerja diberi pertanyaan kurang sopan tentang seks. Mayoritas responden itu menunjukkan senyum tidak nyaman.

4. Senyum menggoda

Ketika seseorang sedang berusaha menggoda, biasanya mereka akan menunjukkan hal positif, misalnya senyum kecil yang dibarengi dengan kontak mata.

Bukan hanya itu, senyuman menggoda juga sering dilanjutkan dengan perilaku submisif seperti memiringkan kepala ke bawah, atau perilaku dominan seperti mengerling.

5. Senyum sarkas

Walau bagian ujung mulut tertarik ke atas membentuk senyuman, tetapi mata menunjukkan kesan meremehkan. Terkadang senyuman itu menjadi sebuah cibiran sebagai tanda tidak suka.

6. Senyum Bibir Tertutup

Senyum dengan bibir tertutup biasanya disukai oleh para politisi. Sebuah senyuman dengan bibir tertutup dan tidak memperlihatkan gigi.

7. The Twisted Smile atau Senyum Bengkok

Senyum ini memperlihatkan satu sisi bibir mereka miring ke atas. Senyuman ini menandakan bahwa kebingungan dalam sebuah keputusan yang akan diambil.

8. Senyum yang Dipaksakan

Ada sebuah hari di mana kamu tidak memiliki minat untuk tersenyum, namun berada dalam situasi yang mengharuskan kamu melemparkan senyuman. Bahkan biasanya senyuman ini akan muncul jika seseorang membuat lelucon yang tidak terlalu lucu dan mengharapkan kamu tertawa karenanya.

Senyum tanpa jiwa ini adalah sebuah senyuman yang dipaksakan. Maknanya kamu ingin mencoba terlihat bahagia dengan tersenyum, namun sepertinya perasaanmu tidak dalam kondisi yang sama.

9. Senyum Tulus

Senyum tulus tercipta jika kamu membuat senyum yang lebar dan membuat sebuah kontur di sekitar mata.  Makna dari senyuman tulus ini memiliki arti kebahagiaan. Senyum ini akan menular dan ikut membuat sekelilingnya ikut bahagia.

10. Seringai Sinis

Senyum ini memiliki kesan yang mengejek dan agak sombong. Bahkan terkadang memiliki maksud meremehkan orang lain. Senyum ini tercipta dengan bibir sedikit melengkung ke atas dan mata berseri-seri memperlihatkan kebencian. Senyuman ini tidak begitu sulit untuk dikenali.

12. The Smug Smile atau Senyum Sombong

Senyum ini biasanya terbentuk dengan bibir ditekan rapat-rapat dan satu sisi sedikit lebih terangkat dari pada sisi yang lain. Senyuman ini sangat rumit untuk diuraikan.

Tergantung dengan situasi, senyuman ini bisa menjadi tanda arogansi atau kepuasan bagi seseorang.

13. Senyum dengan Mulut Terbuka

Makna dari senyuman ini menjelaskan secara gamblang bahwa kamu sedang bahagia. Bahkan kebahagiaan tersebut ingin kamu luapkan.

Bagaimana dengan senyummu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *