Posted on
Nonton film Manfaat Granola terbaru

Manfaat Granola

-Posted on 24th April 2019 |by Lucia H M Nababan|HealthyLifestyle-

Granola adalah jenis makanan yang sedang tren saat ini. Granola sangat populer, terutama untuk sarapan dan sebagai camilan. Pasalnya, manfaat granola sungguh beragam buat kesehatan. Namun, sebenarnya apa itu granola? Apa saja manfaat granola?Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa itu granola?

Granola terdiri dari rolled oats (biji gandum yang sudah digiling jadi pipih), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang sampai jadi garing. Ada juga beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah kering, kurma, kacang almond, dan lain-lain.

Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu mangkuk granola mengandung 600 kalori, 28 gram lemak, 18 gram protein, 65 gram karbohidrat, 24,5 gram gula, dan 11 gram serat. Namun kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produk atau penyajian granola sendiri.

Manfaat granola bagi kesehatan

Dipercaya, granola bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya bila dibandingkan dengan sereal. Ini dia berbagai manfaat granola bagi kesehatan Anda.

Image result for granola

Menangkal radikal bebas penyebab kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

Melindungi sistem saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

Menjaga kekuatan tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang.

Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *