Posted on
Nonton film manfaat makanan manis bagi tubuh kita terbaru

manfaat makanan manis bagi tubuh kita

oleh: Stella Adinda | 23 Maret 2019 | Kesehatan |

 

Apa saja manfaat makanan manis?

Siapa yang tidak suka makanan manis? Hampir semua orang suka memakan makanan manis. Kue, permen coklat, minuman, bahkan buah yang rasanya manis pasti membuat kamu senang memakannya. Tapi, banyak yang berkata bahwa memakan makanan manis akan mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Itu tidak benar. Makanan manis pun sama seperti makanan sehat yang memiliki manfaat bagi tubuh kita. Yuk, cari tahu apa saja manfaat makanan manis di bawah ini.

 

Sumber energi

Sumber energi utama bagi tubuh adalah karbohidrat. Namun agar karbohidrat bisa diserap oleh sel darah dan didistribusikan ke sel tubuh, karbohidrat harus diubah menjadi glukosa. Glukosa akan berperan sebagai cadangan energi. Sehingga apabila suatu saat tidak ada makanan yang masuk ke tubuh, glukosa yang tersimpan akan digunakan agar tubuh tidak kekurangan energi.

 

Menaikkan dan memperbaiki mood

Kamu pasti pernah sedang tidak mood atau bad mood, bukan? Nah sebaiknya kamu makan makanan pasti. Pasti mood kamu akan bagus kembali. Hal itu disebabkan saat kita memakan makanan manis, reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh akan menyebabkan otak melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh. Sehingga kamu akan merasa bahagia dan segar kembali setelah makan makanan manis.

Meningkatkan kemampuan berpikir

Saat kamu merasa suntuk dan sulit untuk berkonsentrasi, sebaiknya kamu memakan makanan manis. Karena ternyata makanan manis sangat baik untuk otak, karena glukosa adalah bahan bakar utama otak menurut penelitian. Badan kamu pernah terasa lemas? Itu karena otot menggunakan lemak dan protein untuk mendapatkan tenaga kadar glukosa dalam tubuh rendah. Sehingga kamu merasa lemas dan kehilangan konsentrasi apabila kekurangan glukosa.

 

Sangat bermanfaat ya ternyata makanan manis itu. Biarpun begitu, kamu harus tetap memperhatikan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh kita. Departemen Kesehatan RI menganjurkan kita untuk mengkonsumsi gula sebanyak 50 gr atau setara dengan 4 sendok makan per hari. Karena jika berlebihan, kita akan terkena diabetes, obesitas, kerusakan gigi, dan penyakit lainnya.

Setelah baca manfaat makanan manis di atas, kamu jadi ingin makan makanan manis bukan? Nah kamu akan mudah temukan makanan manis di sekitarmu dengan membuka aplikasi Clap. Pada dashboard kamu akan menemukan tanda “+” di pojok kanan bawah. Kamu akan menemukan merchant Clap di sekitar mu untuk membeli makanan manis yang diinginkan. Mudah, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *