Posted on
Nonton film Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien hingga Iriana Jokowi terbaru

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien hingga Iriana Jokowi

-Posted on 9th April 2019 |by Citra Lestari Brahmana|Culinary Politician-

Ibu negara turut aktif dalam berbagai kegiatan kenegaraan. Disela-sela kesibukannya, para ibu negara di Indonesia punya banyak masakan favorit andalan.

Selain menemani presiden ketika bertugas, ibu negara juga berperan aktif untuk membantu tugas-tugas kenegaraan. Di Indonesia, terhitung ada 7 ibu negara yang pernah menjabat.

Mulai dari Fatmawati, Ibu Tien, hingga Iriana Jokowi semuanya punya masakan favorit yang tidak bisa mereka tinggalkan, dan digemari oleh para presiden.

1. Ibu Fatmawati

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien hingga Iriana Jokowi

Ibu Fatmawati merupakan ibu negara pertama di Indonesia, ia merupakan istri dari Presiden Soekarno. Wanita kelahiran asli Bengkulu ini, dikenal pandai menjahit dan memasak.

Makanan kesukaannya tak jauh dari hidangan khas Bengkulu. Salah satu makanan yang digemarinya, dan pandai dibuatnya ada Bagar Hiu dan Ikan Pais. Bagar hiu sendiri bentuknya hampir mirip dengan rendang, tapi daging sapi diganti dengan daging ikan hiu. Makanan ini juga jadi salah satu menu favorit Soekarno.

Related image

2. Ibu Tien

Image result for ibu tien

Raden Ayu Siti Hartinah atau akrab disapa Ibu Tien, merupakan ibu negara kedua di Indonesia. Sekaligus ibu negara dengan masa jabatan terpanjang. Berasal dari Surakarta, Ibu Tien merupakan seorang bangsawan yang pandai memasak.

Semasa hidupnya, Presiden RI kedua, Soeharto selalu memuji makanan Ibu Tien. Salah satu menu masakan andalan Ibu Tien ada sambal teri, sayur lodeh, ikan bakar, belut goreng, hingga kering tempe. Bahkan sering Ibu Tien menyiapkan bekal untuk Pak Harto.

Image result for sambal teri

Image result for sayur lodeh

Image result for ikan bakar

Image result for belut goreng

3. Ibu Ainun

Image result for 3. Ibu Ainun

Hasri Ainun Besari atau akrab disapa Ibu Ainun, merupakan ibu negara ketiga, yang menggantikan posisi Ibu Tien di tahun 1998. Meski masa jabatannya cukup singkat, tapi Ibu Ainun merupakan sosok yang dikenang hingga saat ini.

Menurut penuturan dari Presiden RI ketiga, BJ Habibie, sang isrti dan dirinya merupakan penggemar berat hidangan ikan. Sehingga mendiang Ibu Ainun sering memasak ikan goreng, atau ikan bakar. Dengan cara menggabungkan resep masakan ikan dari Bugis, dan Jawa.

Image result for Ikan Pallumara Bugis Makassar

4. Ibu Sinta Wahid

Image result for Ibu Sinta Wahid

Sinta Nuriyah Wahid merupakan istri dari Presiden RI Keempat, Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Sinta menjabat sebagai ibu negara dari tahun 1999 hingga 2001.

Sama seperti ibu negara lainnya, Sinta pandai memasak hidangan tradisional. Salah satunya ada tempe mendoan. Tempe mendoan ini merupakan makanan yang selalu disajikan Sinta, jika orang-orang berkunjung ke kediaman Gus Dur. Baginya hidangan tempe mendoan, merupakan makanan rakyat yang enak.

Image result for tempe mendoan

5. Ibu Ani Yudhoyono

Image result for ibu ani yudhoyono

Ibu Ani Yudhoyono merupakan istri dari Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menjabat sebagai ibu negara selama 10 tahun, Ibu Ani kerap membagikan momen kebersamaannya dengan keluarga lewat akun media sosial miliknya.

Salah satunya ketika ia sedang masak di rumah. Ia paling handal membuat sambal bawang, sebagai menu pelengkap makan siang bersama keluarga. Selain itu Ibu Ani juga sering buat rujak bersama SBY.

Image result for rujak

6. Ibu Iriana

Image result for ibu iriana

Ibu Negara Iriana Jokowi, punya kepribadian yang sederhana ketika menemani Presiden Jokowi bertugas sejak tahun 2014 lalu. Wanita berusia 55 tahun ini, ternyata sering memasak untuk anak-anaknya.

Menurut putra bungsunga, Kaesang Pangarep. Iriana paling sering membuat sayur asem, uniknya sayur asemnya ini dinilai berbeda. Kaesang sendiri tidak mau membeberkan resep rahasia sayur asem milik sang ibu.

Image result for sayur asem

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *