Posted on
Nonton film Sukses Interview Kerja dengan CEO, Terapkan Cara Ini! terbaru

Sukses Interview Kerja dengan CEO, Terapkan Cara Ini!

oleh: Stella Adinda | 28 Maret 2019 | Pekerjaan |

CEO sama seperti orang biasa lainnya. Orang biasa yang menjalankan perusahaan beromset milyaran rupiah dan telah mencapai banyak hal. Bila akhirnya Anda memiliki kesempatan untuk melakukan interview kerja dengan CEO, ini tentu menjadi satu hal langka dan membuat Anda merasa gugup. Agar bisa sukses wawancara kerja, Anda bisa simak ulasan berikut.

Tips Melakukan Interview Kerja dengan CEO

tahapan Interview kerja
Sumber: Forbes

Melakukan Interview Kerja dengan CEO

Anda dapat membaca Q&A di internet untuk pertanyaan standar dengan pewawancara atau manajer perekrut agar bisa terlihat percaya diri. Namun bila Anda harus melakukan interview kerja dengan CEO, hal ini bisa menambah level intimidasi. Kenapa? Hal ini disebabkan karena Anda akan berbicara dengan orang yang paling berpengalaman.

Ia adalah orang yang berinvestasi, punya otoritas di perusahaan dan pendapatnya tentang Anda dapat memberi pengaruh besar apakah Anda akan mendapat pekerjaan atau tidak. Jadi, bagaimana Anda bisa santai dan berleha-lela pada kondisi tersebut? Lalu, apa yang perlu dilakukan?

Pertama dan yang paling penting adalah beri respek pada waktu yang telah disediakan CEO untuk melakukan interview bersama Anda. Jawaban Anda seharusnya datang secara otentik dan bukan dengan cara menghafal atau latihan. Ingatlah, Anda di sana melakukan interview kerja dengan CEO karena ia juga ada di sana untuk mewawancarai Anda. Jadi, ajukanlah pertanyaan jujur dan analitis.

Melakukan Presentasi pada Seorang CEO

Salah satu stereotip terbesar yang melekat pada seorang CEO adalah posisi tinggi dan mereka punya jadwal sibuk. Tidak hanya itu, mereka juga seringkali muncul terlambat saat rapat dan melihat ponsel ketika Anda membicarakan topik penting. Bahkan ketika Anda sedang memberi presentasi sebagai tugas interview kerja, sang CEO tidak terlalu memerhatikan.

Bila Anda melihat perilaku ini, jangan menganggapnya serius dan pribadi. Memang rasanya tidak menyenangkan, namun terkadang Anda perlu tahu bahwa baginya melakukan interview kerja dengan Anda memiliki prioritas lebih tinggi dibandingkan rapat dengan orang lain, dan penting juga email, sms, atau panggilan telepon yang datang ketika Anda sedang melakukan presentasi dengan slide PowerPoint.

Berbicara dengan slide PowerPoint, cara ini memang sulit untuk dihindari. Namun bila Anda ingin memberi kesan positif ketika melakukan interview kerja dengan CEO, sediakanlah konteks naratif yang ia perlukan untuk membuat sebuah keputusan paling penting dari waktu berharga yang ia miliki.

Melakukan Percakapan Kasual dengan CEO

Anda tentu pernah mendengar nasihat ketika berbicara dengan orang penting, yaitu untuk menjadi diri Anda sendiri. Jangan bicara tentang politik dan tahu kapan harus mengakhiri percakapan. Namun bila Anda benar-benar ingin memberi kesan positif pada CEO, Anda direkomendasikan untuk membuka percakapan dengan starter elegan, seperti:

  • Tanyakan tentang perjalanan bisnis terakhir.
  • Puji inisiatif terbaru, keynote speaker, atau rilis produk.
  • Tanyakan tentang rekomendasi yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti di mana untuk mengajak klien makan siang atau atraksi lokal apa yang seharusnya direkomendasikan untuk calon karyawan yang mengunjungi kota saat akhir pekan.
  • Puji bagian dari busana atau aksesoris yang dikenakan dan jelaskan kenapa Anda menyukainya. Namun lakukan ini hanya bila Anda dapat bersikap tulus dan bukan berusaha untuk menjilat.

Seperti halnya kebanyakan interaksi, cara Anda mengatakan sesuatu sama pentingnya seperti apa yang Anda katakan. Hanya dengan sedikit keberanian, Anda akan bisa siap untuk melakukan percakapan hangat dan kasual ketika melakukan interview kerja dengan CEO

 

Sumber berita: magazine.job-like.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *