Posted on
Nonton film Tips Berhemat Saat Memiliki Bayi terbaru

Tips Berhemat Saat Memiliki Bayi

Memiliki anak merupakan sebuah keahagiaan yang luar biasa bagi orang tua. Setelah kehadiran si buah hati sering kali pola kita dalam mengeluarkan uang tiba-tiba saja berubah, terbayang banyak-nya keperluan bayi yang harus dipenuhi setiap bulannya mulai dari hal kecil seperti popok, sampai kebutuhan akan peralatan khusus seperti tempat tidur bayi atau pompa ASI yang mungkin hargan-ya cukup mahal.

Tentu saja kebutuhan si bayi tidak mungkin dihindari, tetapi sering kali sebagai orang tua terutama yang baru memiliki anak pertama kita belum tahu apa yang benar-benar perlu kita beli untuk buah hati kita. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa berhemat untuk keperluan bayi Anda.

Do some research

Idealnya hal ini dilakukan sebelum anak kita lahir dan sebelum memutuskan untuk berbelanja keperluan bayi. Jangan malu untuk bertanya kepada kerabat kita yang telah memiliki anak dan memiliki pengalaman dalam rentang waktu yang belum terlalu lama. Sering kali calon orang tua terlalu bersemangat saat berbelanja keperluan bayi tanpa bertanya terlebih dulu sehingga akhirnya banyak hal yang dibeli namun tidak terpakai. Ikutlah beberapa komunitas on line untuk banyak mengetahui pengalaman orang tua lain saat mereka memiliki anak

Berpikir matang sebelum membeli

Lakukan hal ini terutama saat kita ingin membeli sesuatu yang cukup mahal seperti kereta dorong bayi atau car seat. Perkirakan berapa lama barang tersebut akan terpakai, dan jangan sampai membeli car seat yang tidak sesuai dengan ukuran mobil kita. Selain harga pikirkan pula kualitas barang, jangan sampai kita harus memeli berulang kali karena kualitas yang kurang baik.

Membeli barang second atau pinjam sewa

Beberapa barang akan lebih efisien apabila kita membeli barang second atau menyewa di tempat jasa sewa alat bayi terutama saat kita tau kita memiliki bajet yang terbatas atau ruang yang sempit di rumah, apalagi saat kita tau barang tersebut hanya dibutuhkan sebentar saja. Jangan malu pula untuk bertanya kepada kerabat yang juga telah memiliki anak, siapa tau barang yang kita perlukan disimpan begitu saja di dalam gudangnya dan dapat kita pinjam untuk anak kita.

Hindari berbelanja baju

Bukan berarti kita tidak membeli baju sama sekali ya, tapi sering orang tua baru atau calon orang tua kalap saat melihat baju-baju lucu untuk bayi. Saat mempersiapkan kelahiran bayi belilah baju secukupnya dan belilah ukuran yang satu nomor lebih besar karena biasanya bayi tumbuh sangat pesat. Belum lagi biasanya baju merupakan hadiah yang paling banyak didapatkan saat sanak saudara berkunjung pasca melahirkan. Paling tidak tunggulah waktu yang tepat untuk belanja baju, lebih baik membeli saat bayi telah hadir.

Jangan menimbun keperluan bayi

Tidak perlu menyimpan stock kebutuhan bayi secara berlebihan walaupun itu untuk popok atau makanan bayi. Sesuaikan belanja kita dengan kebutuhan untuk 1-2 mingguan, karena belum tentu barang yang kita beli cocok dengan bayi kita sampai jangka panjang. Jangan sampai apa yang kita beli akhirnya sia-sia tidak terpakai.

Berpikir untuk menjual kembali

Dengan adanya berbagai aplikasi menjual barang yang marak di Indonesia, ada baiknya Anda menyimpan box dan menjaga kondisi barang-barang keperluan bayi. Nanti setelah sudah tidak diper-lukan kita bisa menjualnya kembali atau memberikan kepada yang membutuhkan, atau bahkan menyimpannya bila kita berencana memiliki anak lagi.

 

Artikel Asli