Posted on
Nonton film Tips dalam Berinvestasi dan Memilih Berlian terbaru

Tips dalam Berinvestasi dan Memilih Berlian

Berlian menjadi benda berharga yang diminati banyak orang. Selain tampilannya yang cantik, berlian merupakan mineral karbon murni yang melalui proses kimiawi spesial selama ratusan tahun hingga terbentuk menjadi batuan permata yang kuat dan keras. Kilauannya yang indah, membuat berlian menjadi batu yang amat istimewa dan berharga tinggi.

Tak jarang, karena keindahan dan nilai jualnya yang tinggi, berlian pun sering dijadikan sebagai koleksi dan bentuk investasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk terjun ke investasi berlian.

Hal ini dipaparkan langsung oleh Leticia Paramita, ahli berlian yang juga Deputy Head of Institute Gemology Paramita di media gathering Lino & Sons di Gandaria City, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Leticia menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berinvestasi dengan berlian.

 

Mulai dengan memilih berlian berukuran 0,5 karat ke atas

“Awalnya tentukan dulu budget Anda. Biasanya, toko akan merekomendasikan pilihan yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi, saya akan merekomendasikan untuk memulai dengan memilih berlian dengan ukuran 0,5 karat ke atas,” ungkap Leticia.

Alasannya, berlian dengan ukuran minimal 0,5 karat bisa memiliki fungsi yang banyak untuk perhiasan. Mulai dari cincin pertunangan, cincin pernikahan, hingga perhiasan yang diturunkan kepada anak dan cucu.

 

Pilihlah berlian dengan ukuran yang utuh

Dalam memilih perhiasan, tentu kita akan disajikan dengan berbagai pilihan cantik dan menawan yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk berinvestasi, maka Leticia menyarankan untuk memilih berlian dengan ukuran karat yang utuh.

“Jika Anda punya berlian kecil-kecil yang jika digabungkan memiliki berat satu karat, maka nilainya akan berbeda dengan berlian ukuran satu karat dalam bentuk yang utuh. Meski keduanya sama-sama satu karat, tapi yang beratnya utuh akan memiliki nilai lebih tinggi dibanding yang kecil-kecil,” jelasnya.

Namun, Leticia menegaskan bahwa perhiasan dengan berlian kecil-kecil bukanlah pilihan yang salah. Tentu, perhiasan dengan berlian kecil-kecil akan terkesan lebih simpel dan cocok jika dipakai sehari-hari.

 

Pilih perhiasan dengan model everlasting

Leticia menyarankan untuk memilih model yang everlasting dan timeless, model yang bisa dipakai untuk jangka yang panjang.

“Model perhiasan everlasting itu biasanya satu batu berlian tengah di besar, dan dikelilingi oleh batu-batu kecil. Itu everlasting dan bisa dipakai turun temurun. Contoh lainnya, adalah berlian milik Lady Diana. Perhiasan dia dipakai oleh Kate Middleton atau Meghan Markle dan tidak akan disebut kuno,” tutupnya.

 

Artikel asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *